Selasa, 03 Maret 2015

Kehidupan Tidak bisa Lepas dari Dunia Teknologi


Oleh : Mochamad Purnaegi Safron
Seiring perkembangan jaman serta ditambah dengan masyarakat yang kreatif maka lahirlah beberapa variasi serta inovasi dari alat – alat tersebut yang hingga saat ini masih bisa kita gunakan. Coba anda bayangkan jika tidak ada para penemu terdahulu mungkin hidup kita akan monoton.

Dalam kehidupan ini, apakah semua peralatan yang kita gunakan selama ini untuk melangsungkan kehidupan tidak terlepas dari yang namanya teknologi. Ya, kemajuan pola berpikir masyarakat yang selalu terus menerus berinovasi telah membuat suatu perubahan yang sangat berpengaruh bahkan bermanfaat untuk digunakan.

Pengaruh teknologi bagi kehidupan sangat dirasakan oleh manusia. Dengan teknologi tidak perlu energi yang harus kita keluar cukup dengan gegaman tangan, misalnya hand phone, ipad dan notepade maupun bentuk lainnya. Dengan teknologi di tangan maka sumber informasi banyak yang diperoleh sehingga kita mengetahui informasi yang sedang trend. 

Kita tentunya masih ingat, keberadaan teknologi wartel atau warung telepon. Kita tentunya merasakan betapa jadulnya teknologi tersebut karena keterbatasan inovasi pada saat itu.Anda bayangkan ada berapa banyak para penemu pada jaman dahulu yang berhasil menciptakan sebuah alat atau benda yang hingga saat ini dampaknya bisa kita rasakan. Misalnya seperti pesawat telepon, mesin jahit, lampu, komputer, dan masih banyak lagi.

Anda perhatikan benda – benda di sekitar anda. teknologi telah berhasil menciptakan sesuatu yang sangat berharga bahkan hingga mampu menjadikan sesuatu menjadi bernilai dan bermanfaat. Akan tetapi, terkadang sebuah kemajuan selalu tidak di imbangi dengan perbuatan. Alhasil, terciptalah sebuah pengaruh entah positif maupun negatif. Dikatakan positif berarti kemajuan tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan. Sedangkan dikatakan negatif berarti adanya pemanfaatan yang salah atau menyimpang sehingga hal tersebut terkadang mampu mempengaruhi prilaku yang tidak terpuji.

Secara positif, dampak teknologi sangat jelas bisa kita rasakan. Coba anda perhatikan apakah semua peralatan yang anda miliki saat ini berpengaruh terhadap kelangsungan hidup anda. Sudah tentu saja hal tersebut memberikan sesuatu yang sangat berarti karena banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan misalnya, pekerjaan akan terasa lebih efisien, cepat, mudah, dan lainnya. Tentu saja masih banyak lagi manfaat yang bisa kita rasakan. Coba perhatikan benda – benda yang anda miliki saat ini, apakah mereka sangat berarti bagi kehidupan?

Jika perkembangan teknologi tidak ditanggapi dengan baik maka akan terjadi ketidak seimbangan perilaku misalnya adanya penyimpangan – penyimpangan yang membuat seseorang bisa bertindak diluar kendalinya. Contoh kongkrit, saat ini tengah terjadi ialah mengenai dampak buruk dari mudahnya menerima akses internet sehingga oleh sebagian orang hal tersebut disalah gunakan seperti menonton video – video yang mampu merusak moral. Selain itu, adanya kemudahan juga akan membuat seseorang menjadi malas untuk melakukan aktifitas karena semua mengandalkan dengan alat canggih yang kita miliki.  

Dampak Teknologi Informasi Bagi Pendidikan 
Indonesia sebagai Negara berkembang semakin dituntut untuk mengikuti arus globalisasi dunia. Manusia dihadapkan dengan berbagai fasilitas dunia menuju kemakmuran. Salah satunya adalah perkembangan teknologi yang semakin mudah dijumpai. Berbagai fasilitas, kualitas dan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi informasi, yaitu memudahkan hidup manusia dalam mengakses berbagai informasi.
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Kita ambil contoh saja internet.  Dalam kurun waktu yang amat cepat beberapa dasawarsa terakhir telah terjadi revolusi internet di berbagai negara serta penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan. Keberadaan internet pada masa kini sudah merupakan satu kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global.
Kondisi ini sudah tentu akan memberikan dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan umat manusia secara keseluruhan. Dalam kaitan ini, setiap orang atau bangsa yang ingin lestari dalam menghadapi tantangan global, perlu meningkatkan kualitas dirinya untuk beradaptasi dengan tuntutan yang berkembang. Semua informasi di input kedalamnya. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karenadengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang.
 
Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
 Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 
  1.  Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan. Jika kita bercermin ke negara lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia bisa dibilang cukup tertinggal.
Peran pemerintah sangat diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan teknologi informasi disemua daerah di negara ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu daerah-daerah yang penyampaian proses informasinya masih minim dan tidak hanya fokus pada daerah atau kota-kota besar saja seperti yang terjadi pada saat sekarang ini, karena pada kenyataannya peran daerah dalam mendukung perkembangan teknologi informasi dan perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah penting.
 Dengan belum meratanya penyebaran teknologi informasi akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan. Hal ini dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting. Dengan adanya teknologi informasi semacam ilmu pengetahuan dan informasi dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor  yang paling dominan. Untuk itu, siapa saja yang menguasai teknologi, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.




Semoga tulisan ini bermanfaat.
Sumber :
https://sardiantokasbal.wordpress.com
http://artikelterkait.com/pengaruh-teknologi-bagi-kehidupan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar