Selasa, 03 Desember 2013

Ternyata Berjalan Kaki Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berjalan kaki mempunyai manfaat yang tidak bisa diremehkan bagi kesehatan dan kecantikan. Menurut penelitian, manfaat berjalan kaki juga memberi dampak positif terhadap kesehatan psikologis. Seperti yang ditunjukkan pada hasil penelitian dari Universitas of Toronto misalnya, 25 dari 30 penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya efek positif dari berjalan kaki selama 30 menit yang dapat mencegah serta mengatasi depresi.

            Dalam berbagai penelitian lainnya terhadap manfaat berjalan kaki yang dilakukan secara rutin juga diketahui akan membawa banyak manfaat bagi tubuh dan organ lainnya seperti jantung, darah, kulit, otot, dll. Berikut adalah ke 13 manfaat berjalan kaki selama 30 menit setiap hari:
1.      Membantu menurunkan berat badan.
2.      Mengoptimalkan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.
3.      Mengoptimalkan kerja paru – paru dalam mensuplai oksigen.
4.      Memperbaiki sistem metabolisme tubuh dalam pembakaran kalori.
5.      Memberikan semangat dan energi tambahan pada saat beraktivitas.
6.      Mengatasi problem yang berkaitan dengan selera makan.
7.      Baik untuk kecantikan kulit. Terutama berjalan kaki pada pagi hari.
8.      Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
9.      Mengatasi penyakit hipertensi.
10.  Mencegah, mengatasi penyakit diatebes.
11.  Mencegah dan menghambat kanker prostat dan payudara.
12.  Mencegah penyakit stroke.
13.  Baik untuk kesehatan kaki, paha, pinggang dan pinggul.

Menurut riset tentang manfaat berjalan kaki bagi pelaku diet, dapat juga secara efektif membantu menurunkan berat badan serta membakar kalori. Dengan berjalan kaki selama 20 menit sehari di pagi hari, dapat membantu menurunkan berat badan 4 kg / tahun. Tentu saja, jika diimbangi dengan pola makan, diet, serta dikombinasikan dengan lari pagi, anda dapat mengurangi berat badan lebih banyak lagi. Direkomendasikan untuk berjalan kaki 30 hingga 40 menit setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Untuk itu, luangkan waktu untuk berjalan kaki kapan dan dimana saja. Bagi orang yang sudah memiliki kendaraan roda empat maupun roda jangan terlena dengan dengan keasyikannya. Lihat turis mancanegara yang nganclong dinegeri kita selalu berjalan kaki. Mereka mengerti kesehatan manfaat jalan kaki sehingga mereka tidak malu-malu dan tetap ceria. Namun miris, dinegeri kita yang sudah memiliki kendaraan merasa gengsi kalau jalan kaki yang merasa dinilai orang tidak mampu. Padahal tidak. Hanya orang yang mengerti kesehatanlah akan mengerti manfaatnya.

Pemerintah pusat maupun daerah perlu membuat kebijakan bebas polusi sekaligus hemat BBM yaitu mengimplementasikan dengan Perda tentang Kebijakan Jalan Kaki untuk Melestarikan Kesehatan Bumi. Kebijkan tersebut perlu diterapkan mengingat negara lain yang sudah maju sudah mampu menerapkannya sehingga rakyatnya banyak menikmati manfaatnya.

Manfaat berjalan kaki merupakan solusi olahraga murah dan menyehatkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya. Olahraga yang satu ini juga sangat membantu mereka yang kerap sibuk dengan aktivitas harian mereka. Cukup sisihkan waktu 30 menit setiap pagi sebelum berangkat beraktivitas, dan anda akan mendapatkan energi ekstra dengan tubuh dan pikiran yang segar sepanjang hari. Just do it!

Eggay (Mahasiswa Pasca Magister Administrasi Publik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar