Minggu, 02 November 2014

Dashyatnya Minum Kopi, Banyak Manfaatnya !

oleh : Mochamad Purnaegi Safron
Sebagian orang menilai kebiasaan minum kopi itu dipandang tidak baik. Sama halnya dengan perokok yang sangat ketergantungan. Hal itu sering diungkapkan “kagak bisa mikir kalau belum merokok,  Jadi lancar mikir kalau sambil merokok.  Bibir rasanya tidak enak kalau belum minum kopi ataupun belum merokok” Padahal jika dikonsumsi sewajarnya, minum kopi memiliki beberapa manfaat yang baik. Berikut Manfaat Kopi :

1. Kopi mengandung vitamin B2 dan antioksidan
Vitamin B2 berperan dalam pembentukan energi, sedangkan antioksidan melindungi tubuh dari pengaruh negatif radikal bebas.

2. Kopi sebagai pelengkap untuk pembakaran lemak
Obat diet biasanya mengandung kafein karena kafein dapat mempercepat metabolisme dan memecah asam lemak di dalam tubuh.  Juga dapat mengurangi nafsu makan bunda.

3. Kopi dapat mengalahkan depresi
Konsumsi 4 cangkir kopi dapat menangkal depresi sampai 10% dibandingkan bunda yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali.

4. Kopi dapat mencegah Alzheimer dan Parkinson
Kandungan kafeinnya dapat mempertahankan ketajaman ingatan sesuai umur. Kafein dapat memperlambat degenerasi syaraf.  Dari beberapa penelitian, konsumsi kopi dapat menurunkan resiko Alzheimer hingga 60% dan Parkinson antara 32-60 %.

5. Kopi berperan positif untuk fungsi otak
Manfaat positif dari kafein untuk fungsi otak adalah menstimulasi mood, daya ingat, daya reaksi, kewaspadaan dan kemampuan kognitif.  Konsumsi kopi menjadi tidak baik jika bunda memaksakan tidak tidur dengan meminum kopi secara berlebihan agar tidak mengantuk untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

6. Kopi dapat menurunkan resiko penyakit diabetes
Konsumsi 3-4 cangkir kopi dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2.

7. Kopi dapat menjaga vitalitas organ lever
Konsumsi kopi dapat mengurangi resiko sirosis atau pembengkakan hati sampai 80% dan kanker lever sampai 40%.

Sekarang sudah tahu kan 7 manfaat minum kopi biar tetap sehat sehingga kebiasaan minum kopi sebaiknya diteruskan bagi yang kuat minum kopi. Dan yang paling penting diperhatikan adalah penggunaan gula dan susu yang perlu anda batasi.  Saran saya Lebih baik dikonsumsi tanpa gula dan bisa mengganti susu dengan susu rendah lemak ataupun krimer. Selamat menikmati minum kopi dan semoga bermanfaat.
sumber : http://artikel.okeschool.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar