Rabu, 29 Januari 2014

Lari Pagi Memperpanjang Usia Hidup Harapan Anda



Lari pagi atau yang dikenal jogging merupakan olah raga yang sangat menyehatkan tubuh kita. Bukan hanya badan menjadi lebih sehat namun sistem pernafasan juga akan menjadi lebih besih karena udara yang kita hirup merupakan udara pagi yang masih bersih dan belum banyak mengandung polusi. Banyak manfaat jogging diantaranya dapat meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan tulang kita.

Olahraga jogging dilakukan setidaknya satu jam per minggu dapat memperpanjang tahun untuk masa hidup Anda. Sebuah penelitian baru-baru ini mempresentasikan data yang mengungkapkan lari pagi secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima hingga enam tahun pada pria dan wanita .

Manfaat Lari pagi secara teratur yaitu dapat membantu membakar kalori yang nantinya membantu kita menurunkan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih serta resiko penyakit kardiovaskular mendapatkan keuntungan dari penurunan berat badan.

The American Diabetes Association menerbitkan sebuah studi pada tahun 2011 yang menyatakan penurunan berat badan dari 5 persen menjadi 10 persen dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Karena manfaat lari pagi dapat melihara berat badan dan peningkatan fungsi jantung.

Tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga membantu Anda mempertahankan dan membangun ketebalan tulang Anda. Lari pagi juga memiliki dampak positif pada tulang belakang , pinggul dan otot di moderasi. Bagi orang dewasa, mereka akan mengalami masalah jantung jika melakukan lari pagi melebihi ambang batas yang ditentukan untuk itu batasi sesi lari pagi 30 menit sehari, tiga kali seminggu agar manfaat jogging bisa maksimal.

Secara ilmiah para peneliti mengemukakan bahwa lari pagi dapat menjaga kesehatan tubuh kita dan menjaga kesehatan beberapa organ penting dalam tubuh kita seperti organ jantung. Berikut informasi dari beberapa peneliti mengenai beberapa manfaat lari pagi untuk kesehatan anda.

1.Menajamkan Mata
Orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan risiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu.

2.Menjaga Kesehatan Jantung 
Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Plus mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.

3.Mendongkrak Gairah 
Pelari pria yang membakar sebanyak 3.000 kalori per minggu dari aktivitas berlari selama 5 jam, akan menjauhkan dirinya dari disfungsi ereksi hingga 83 persen.
 
4.Menguatkan Tulang 
Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.

5.Lancar Berfikir 
Sebuah penelitian yang dilakukan kepada para pekerja di Inggris mengungkapkan, rutin berlari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, dan lebih produkif dibanding yang lari hanya sesekali.

6.Terbebas dari Dimensia 
Journal of American Geriatrics Society melaporkan, perempuan yang dari remaja sudah rajin olahraga lari, di usia senjanya jarang yang mengalami kepikunan.

7.Tidur Lebih Lelap 
Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.

8.Jarang Terkena Flu 
Pelari yang berlari sejam setiap harinya, akan berhasil menjauh dari serangan virus flu hingga 18 persen dibanding yang tidak berlari. Ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Swedia.

9.Bernafas Lebih Lega 
Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.

10.Panjang Umur 
Sebuah pengamatan terhadap 22 studi mengungkapkan, orang yang berlari 2,5 jam dalam seminggu akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 19 persen. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan, orang yang aktif berolahraga akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 50 persen.
Hal – hal positif yang dapat diambil dari lari pagi : 

Lari pagi juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila lari dilakukan dengan benar, seseorang akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama lari pagi.

Seseorang akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat mendengarkan suara burung berkicau, suara air yang mengalir, atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Selama lari pagi seseorang juga dapat merasakan perasaan senang.

Pakaian Dan Sepatu 
Pakaian yang Anda kenakan harus sesuai dengan udara saat itu. Saat udara hangat, celana pendek dan t-shirt cukup nyaman untuk dikenakan. Namun, jika Anda melakukan rute yang jauh tak ada salahnya membawa pakaian ekstra di tas kecil, untuk berjaga-jaga jika udara jadi buruk. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus, hindari yang penuh jahitan, bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat. Sedang untuk sepatu, kenakan yang lembut dan nyaman, tapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki Anda tapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah, sehingga tidak membuat Anda terpeleset.

Periode / Sesi Saat Lari Pagi
Lari pagi dapat ditempuh dalam berbagai cara : Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa; Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi; lari dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 kg.

Bagaimana Seseorang Melakukan Sesi Lari Pagi
Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Jika rute cukup panjang, Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari Anda.

Peregangan Tubuh Dan Setelah Beberapa Sesi
Sebelum melakukan lari pagi sangat disarankan untuk melakukan peregangan , dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya.

Kapan Dan Seberapa Sering
Jika lari pagi hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang dilakukan, melakukannya tiap dua hari sekali adalah ukuran idealnya. Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi, dan daya tahan tubuh Anda. Tapi jika Anda mengkombinasikan lari dengan olah raga lain, lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan. Mungkin Anda merasa lapar saat akan melakukan lari pagi, tapi sebaiknya jangan melakukannya setelah makan. Anda bisa melakukannya kapanpun sepanjang hari, tapi lebih baiknya melakukan lari sebagai kegiatan pertama di pagi hari.

Bagaimana Kita Memulainya
memiliki masalah kesehatan, yang tidak disarankan untuk melakukan lari pagi. Untuk pertama-tama, sebaiknya Anda berlari-lari di tempat selama 10 menit. Lalu Anda dapat menambah waktu, jarak dan kecepatan.

Mari yuk! Lari pagi jangan malas, biar kita sehat. Ok.


Sumber:
http://xtreme23koe.blogspot.com
http://penyakitjantung.rajapengobatan.com
http://manfaatsehat.com







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar